- jika angka 1 diketik maka perhitungan volume limas segitiga dimulai atau
- jika angka 2 diketik maka pehitungan volume bola dimulai.
- apabila tidak mengetik angka 1 atau 2 maka pada layar ditampilkan kalimat “Anda tidak mengetik angka 1 atau 2” dan kembali ke tahap awal.
- Program selesai dijalankan jika salah satu perhitungan luas telah dilakukan.
#include <stdio.h> // akses library stdio.h
#include <stdlib.h> // akses library stdlib.h
#define phi 3.14159 // deklarasi nilai konstanta phi
#define clear system ("cls") // deklarasi fungsi clear screen
int main(void)
{
float r, a_sgtg, t_sgtg, tlimas, l_alas, vlimas, vbola; // deklarasi variable tipe data float
int menu; //deklarasi menu dengan tipe data integer
while(1){
clear; // hapus layar
printf(" MENU UTAMA \n");
printf("[1] Volume Limas Segitiga\n[2] Volume Bola \n\n");
printf("Pilih Menu = ");
scanf_s("%d", &menu);
if(menu==1){ // kondisi jika kita memasukkan angka 1
clear;
printf("PROGRAM PERHITUNGAN VOLUME LIMAS SEGITIGA\n");
printf("Masukkan Nilai Alas Segitiga (Alas Limas) = ");
scanf_s("%f", &a_sgtg);
printf("Masukkan Nilai Tinggi Segitiga (Alas Limas) = ");
scanf_s("%f", &t_sgtg);
l_alas= a_sgtg*t_sgtg/2;
printf("Luas Alas Limas adalah = %.2f\n\n", l_alas);
printf("Masukkan Nilai Tinggi Limas = ");
scanf_s("%f", &tlimas);
vlimas=l_alas*tlimas/3;
printf("Volume Limas Adalah = %.2f\n", vlimas);
system("pause");
return 0;
}
else if(menu==2){ //kondisi jika kita memasukkan angka 2
clear;
printf("PROGRAM PERHITUNGAN VOLUME BOLA\n");
printf("Masukkan Nilai jari-jari = ");
scanf_s("%f", &r);
vbola= (phi*r*r*r)*4/3;
printf("Volume Bola Adalah = %.2f \n", vbola);
system ("pause");
return 0;
}
else { // kondisi jika tidak memasukkan angka selain 1 & 2
printf("Anda tidak mengetik angka 1 atau 2 \n");
system("pause");
return main(); // untuk kembali ke menu utama
}
}
}
Untuk Video bisa dilihat di bawah ini:
No comments:
Post a Comment