Tuesday, October 30, 2012

Pembahasan Latihan Volume Bola dan Limas Segitiga dengan C


Kali ini saya akan membahas soal latihan tentang volume Bola dan Limas Segitiga:
Solanya:
Latihan soal ke i:
Tuliskan sebuah program yang berisikan perhitungan volume limas segitiga dan volume bola dengan kondisi berikut: pada tahap awal kita harus memilih:
*jika angka 1 diketik maka perhitungan volume limas segitiga dimulai atau
*jika angka 2 diketik maka pehitungan volume bola dimulai.
*apabila tidak mengetik angka 1 atau 2 maka pada layar ditampilkan kalimat “Anda tidak mengetik angka 1 atau 2” dan kembali ke tahap awal.
*Program selesai dijalankan jika salah satu perhitungan luas telah dilakukan
Script code:


#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main(void)
{
    int pilih;
    // volume limas =(luasalas*tinggi)/3
    // volume bola =4/3*(pi*r*r*r);
    float vlimas,vbola, pi=3.14, r, Lalas, t;
    while(true){
    printf("Pilih Menu untuk menghitung Volume Bangun \n");
    printf("==========================================\n");
    printf("1. Volume Limas Segitiga \n");
    printf("2. Volume Bola");
    printf("\n Pilih Menu Nomor ? ");
    scanf("%d",&pilih);

    switch(pilih) //eksprsi yang akan dikontrol
    {
    case 1:
        printf("\nRumus Volume Limas Segitia =(Luas alas x tinggi)/3 \n");
        printf("Masukkan Nilai tinggi = ");
        scanf("%f",&t);
        printf("Masukkan Nilai Luas Alas = ");
        scanf("%f",&Lalas);
        vlimas=(Lalas*t)/3;
        printf("Volume Limas Segitiga = %f \n",vlimas);
        break;
    case 2:
        printf("\nRumus Volume Bola = 4/3x(pi*r*r*r) \n");
        printf("Masukkan Nilai jari-jari Bola = ");
        scanf("%f",&r);
        vbola=4/3*(pi*r*r*r);
        printf("Volume Bola = %f \n",vbola);
        break;
    default:
        printf("Anda tidak mengetik angka 1 atau 2 \n");
        printf("\n");
        break;
    }
    }
    system("pause");
    return(0);
}


Pembahasan dengan Video :



Silahkan berkunjung ke blog saya:
http://cupied4b6.blogspot.com/


No comments:

Post a Comment