Tuesday, December 18, 2012

TMD04 - [3] Tipe Data, Konstanta, dan Variabel C++

Data dalam pemrograman C++ dikelompokkan berdasarkan panjang data yang dapat diisikan atau dapat dibaca. Kelompok data dikelompokkan berdasarkan tipe data. Tipe data berfungsi untuk mereferesentasikan jenis dari sebuah nilai yang terdapat dalam program.

  1. Tipe Data
    Dalam C++ terdapat beberapa tipe data dasar yang telah didefenisikan dan digolongkan dalam tipe bilangan bulat (integer), bilangan real (floating point), tipe logika (boolean), dan tipe karakter/teks (character/string).
    Contohnya adalah sebagai berikut.
  2.  /*  
          Nama     : Tulus Pardamean Simanjuntak  
          NIM          : 49012086  
          Jurusan     : Teknik Media Digital  
          File     : tipedata.cpp  
     */  
       
     #include <iostream>  
     using namespace std;  
       
     int main ()  
     {  
          cout << "===============================\n";  
          cout << "    BELAJAR TIPE DATA\n";  
          cout << "===============================\n\n";  
       
          int X;  
          X = 10;  
          cout << "Contoh Nilai Tipe Bilangan Bulat X = " << X << "\n\n";  
       
          double Y;  
          Y = 123.134;  
          cout << "Contoh Nilai Tipe Bilangan Riil Y = " << Y << "\n\n";  
       
          char Karakter = 'A';  
          char* Teks = "Kata";  
          char TEKS[39] = "Teks dengan batas sebanyak 39 karakter";  
          cout << Karakter << "\n";  
          cout << Teks << "\n";  
          cout << TEKS << "\n\n";  
       
          system ("pause");  
          return 0;  
     }  
    
  3. Konversi Tipe Data
    Operasi perhitungan pada C++ dapat dilakukan dengan menggunakan tipe data yang sama. Jika dalam suatu ekspresi terdapat operand dengan tipe data yang berbeda, maka C++ akan mengkonversi salah satu tipe tersebut sehingga kedua tipe menjadi sama.
    Ada beberapa aturan yang digunakan oleh C++ dalam mengkonversi tipe data, yaitu:
    a. Jika salah satu operand bertipe long double, maka yang lain dikonversi menjadi long double.
    b. Jika salah satu operand bertipe double, maka yang lain dikonversi menjadi double.
    c. Jika salah satu operand bertipe float, maka yang lain dikonversi menjadi tipe data float.
    d. Jika salah satu operand bertipe char, signed char, unsigned char, unsigned short, maka yang lain dikonversi ke int.
    Contohnya adalah sebagai berikut.
  4.  /*  
          Nama     : Tulus Pardamean Simanjuntak  
          NIM          : 49012086  
          Jurusan     : Teknik Media Digital  
          File     : konversi.cpp  
     */  
       
     #include <iostream>  
     using namespace std;  
       
     int main ()  
     {  
          cout << "Konversi Tipe Data\n";  
          cout << "------------------\n\n";  
       
          char Karakter = 'A';  
       
          cout << "Karakter A = " << Karakter << "\n\n";  
          cout << "Nilai ASCII = " << (int) Karakter << "\n\n";  
       
          system ("pause");  
          return 0;  
     }  
    
  5. Konstanta
    Konstanta adalah jenis identifier yang bersifat konstan atau tetap, artinya nilai konstanta adalah tidak dapat di ubah. Konstanta berguna untuk menentukan nilai yang merupakan tetapan, misalnya nilai phi (π), satuan dari kecepatan cahaya dan sebagainya.
    Contohnya adalah sebagai berikut.
  6.  /*  
          Nama     : Tulus Pardamean Simanjuntak  
          NIM          : 49012086  
          Jurusan     : Teknik Media Digital  
          File     : konstanta.cpp  
     */  
       
     #include <iostream>  
     using namespace std;  
       
     int main ()  
     {  
          const int max = 5;  
          int a [max];  
       
          for (int c = 0; c < max; c++)  
          {  
               a [c] = c * 10;  
          }  
          for (int c = 0; c < max; c++)  
          {  
               cout << a [c] << "\n\n";  
          }  
       
          system ("pause");  
          return 0;  
     }  
    
  7. Variabel
    Variabel adalah sebuah identifier yang nilainya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan program.
    Jika dibutuhkan sebuah variabel yang dapat dikenali oleh semua lingkungan dalam program maka harus digunakan variabel Global. Pada visual C++ selalu terdapat fungsi utama, variabel global biasanya dideklarasikan di luar fungsi utama tersebut.
    Selain variabel global, pada pemrograman C++ juga terdapat variabel Lokal. Berbeda dengan variabel global, variabel lokal hanya dikenali oleh suatu fungsi saja, artinya variabel lokal tidak dikenal oleh lingkungan luar di dalam program yang dibuat. Variabel lokal harus berada dalam lingkup fungsi tertentu.
    Contohnya adalah sebagai berikut.
  8.  /*  
          Nama     : Tulus Pardamean Simanjuntak  
          NIM          : 49012086  
          Jurusan     : Teknik Media Digital  
          File     : variabel.cpp  
     */  
       
     #include <iostream>  
     using namespace std;  
       
     int main ()  
     {  
          int a, b;  
          a = 100;  
          b = 50;  
       
          cout << "Nilai variabel A = " << a << "\n";  
          cout << "Nilai variabel B = " << b << "\n";  
       
          system ("pause");  
          return 0;  
     }  
    
Untuk selengkapnya, dapat di lihat pada video ini.
Semoga bermanfaat. :)


TMD04 - [2] Aplikasi Dasar Hello World

Seperti yang pernah saya sampaikan pada tutorial hello world pada bahasa C, aplikasi / program dasar pada setiap bahasa pemrograman adalah Hello World.

Berikut video tutorial Hello World pada bahasa C++.



Semoga bermanfaat. :)

TMD04 - [1] Instalasi IDE C++

Dalam pembelajaran C++, software atau tool yang digunakan adalah Microsoft Visual Studio. Microsoft Visual Studio adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu para pengembang (developers) dengan cepat membuat sebuah aplikasi yang interaktif untuk Windows.
Berikut adalah video tutorial untuk menginstalasi aplikasi tersebut.

Check it out.!!!
:D


TMD02 - [8] Linked List


Linked list adalah struktur data berupa deret data yang dinamis, karena dapat ditambahkan
ataupun dihapus. Lebih rinci lagi:
  • linked list terdiri dari rantai node/ simpul dimana tiap node terdiri dari data, pointer yang merujuk data node-nya sendiri dan pointer merujuk pada node yang mengikutinya.
  • Linked list memilki head/ kepala (node awal) dan tail/ekor (node akhir). Karena tail adalah node akhir, dengan demikian, dalam node tail, pointer yang merujuk pada node selanjutnya adalah samadengan NULL.
  • Jika linked list hanya terdiri dari satu node, maka, dalam node tersebut, pointer yang merujuk pada node selanjutnya adalah samadengan NULL.

Tahapan pada linked list adalah sebagai berikut.
  • Deklarasi linked list, yang terdiri dari definisi node dan definisi list
  • Mengalokasikan memori terhadap setiap node
  • Mengisi data pada setiap simpul atau node
  • Menyambungkan setiap link dari simpul
  • Menampilkan hasilnya
Untuk selengkapnya dapat melihat video ini.


Potongan source codenya seperti di bawah ini. :)
 #include <stdio.h>  
 #include <stdlib.h>  
 #include <string.h>  
   
 typedef struct simpul   
 {  
      char nama[20];  
      float nilai;  
      struct simpul *next_simpul;  
 }simpulku;  
   
 void main()  
 {  
      simpulku *simpul1, *simpul2, *simpul3, *simpul4, *temp;  
   
      //alokasikan memori terlebih dahulu  
      simpul1 = (simpulku *)malloc(sizeof(simpulku));  
      simpul2 = (simpulku *)malloc(sizeof(simpulku));  
      simpul3 = (simpulku *)malloc(sizeof(simpulku));  
   
      //isi data dari masing2 simpul  
      strcpy(simpul1->nama, "Amin");  
      strcpy(simpul2->nama, "Budi");  
      strcpy(simpul3->nama, "Citra");  
      simpul1->nilai=90;  
      simpul2->nilai=20;  
      simpul3->nilai=100;  
      simpul1->next_simpul = NULL;  
   
      //sambungkan link masing2 simpul  
      simpul1->next_simpul = simpul2;  
      simpul2->next_simpul = simpul3;  
      simpul3->next_simpul = NULL;  
   
      //tampilkan hasilnya, mulai dari simpul 1  
      temp = simpul1; //cara satu per satu  
      printf("%s, %f\n", temp->nama, temp->nilai);  
      temp = temp->next_simpul; //simpul 2  
      printf("%s, %f\n", temp->nama, temp->nilai);  
      temp = temp->next_simpul; //simpul 3  
      printf("%s, %f\n", temp->nama, temp->nilai);  
      printf("\n");  
   
      //skenario menambahkan simpul baru  
      simpul4 = (simpulku *)malloc(sizeof(simpulku)); //siapkan  
      strcpy(simpul4->nama, "Dewi"); //isi nama  
      simpul4->nilai=80; //isi nilai  
      simpul2->next_simpul = simpul4; //update link  
      simpul4->next_simpul = simpul3;  
      printf("\n");  
   
      temp = simpul1;  
      for(;temp!=NULL; temp=temp->next_simpul) //cara looping  
           printf("%s, %f\n", temp->nama, temp->nilai);  
   
      //menghapus simpul2 -> Budi  
      simpul1->next_simpul = simpul4; //update link  
      free(simpul2); //hapus simpul  
      printf("\n");  
   
      temp = simpul1;  
      for(;temp!=NULL; temp=temp->next_simpul) //cara looping  
           printf("%s, %f\n", temp->nama, temp->nilai);   
   
      system ("pause");  
      return 0;  
 }  

Semoga bermanfaat. :)

TMD02 - [7] Array 2 Dimensi pada Warna Pelangi


Pada array 2-dimensi, susunan data dapat divisualisasikan sebagai data yang tersusun di dalam dua atau lebih kolom dan baris.

Nah, pada tutorial kali ini, array 2 dimensi tersebut akan direpresentasikan pada ketujuh warna pelangi.

Array 2 dimensi pada code ini.
warna [7] [8]

array dimensi yang pertama [7], dapat menampung 7 kalimat warna dan array dimensi yang kedua [8] dapat menampung maksimal 8 karakter pada ketujuh warna tersebut.

Untuk selengkapnya dapat dilihat pada video ini. :)
Berikut adalah source codenya.

 #include<stdio.h>  
 #include<stdlib.h>  
   
 int pelangi;  
   
 int main (void)  
 {  
      char warna [8][8] = {"Merah", "Kuning", "Hijau", "Biru", "Ungu", "Orange", "Abu-abu"};  
      printf ("Warna Pelangi: \n");  
      for (pelangi=0; pelangi<7; ++pelangi)  
           printf ("%s\n", warna[pelangi]);  
   
      system("pause");  
      return 0;  
 }  
   

TMD02 - [6] Program Untuk Membalik Kata

Program ini menerima inputan dari user dan hasil inputan yang akan ditampilkan ke layar adalah kebalikan dari inputan tadi. Semisal: user memasukkan sulut, maka program akan membalikkan karakter tersebut dan menampilkan tulus di layar. Bagaimana cara membuatnya? Langsung saja cek video berikut ini,
Check this out!!.



Dan berikut sedikit capture source codenya. :)

 /*  
      Author     : Tulus Pardamean Simanjuntak  
      Date     : Thursday, November 01, 2012  
 */  
   
 #include <stdio.h>  
 #include <stdlib.h>  
 #include <string.h>  
   
 int main (void)  
 {  
      char a[11];   
     
   printf("Apa katamu? ");   
   //gets(a); //input  
      scanf ("%s", a);  
   strrev(a); //membalik kata, library yg digunakan: string.h  
   
   printf("Dibalik menjadi : %s\n",a); //output  
     
      system ("pause");  
      return 0;  
 }  

TMD02 - [5] Membuat Segitiga Bintang Sama Kaki


Pada kali ini diberikan tutorial membuat segitiga bintang sama kaki seperti berikut ini.

*
***
*****
***
*

Hal pertama yang di bentuk adalah segitiga siku, kemudian melakukan pencerminan yang merupakan bagian yang lain (di cetak ke bawah).

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah menentukan kondisi awal, kondisi akhir, dan operasi yang dilakukan oleh program.

Berikut sedikit capture terhadap source codenya.
 /*  
      Author     : Tulus Pardamean Simanjuntak  
      Date     : Wednesday, October 31, 2012  
 */  
   
 #include <stdio.h>  
 #include <stdlib.h>  
   
 int main (void)  
 {  
      int i, j, n;  
   
      printf ("Tinggi segitiga: ");  
      scanf ("%d", &n);  
   
      for (i=1; i<=n; i++)  
      {  
           if (i%2==1)  
           {  
                for (j=1; j<=i; j++)  
                {  
                     printf ("*");  
                }  
           printf ("\n");  
           }  
      }  
   
      for (i=n-1; i>=1; i--)  
      {  
           if (i%2==1)  
           {  
                for (j=1; j<=i; j++)  
                {  
                     printf ("*");  
                }  
           printf("\n");  
           }  
      }  
   
      system ("pause");  
      return 0;  
 }  


Untuk lebih lengkapnya dapat di lihat pada video tutorial ini.

TMD02 - [4] Volume Limas Segitiga dan Volume Bola

Untuk membuat programnya, yang harus ditentukan pertama sekali adalah sebagai berikut.
  • jika angka 1 diketik maka perhitungan volume limas segitiga dimulai atau
  • jika angka 2 diketik maka pehitungan volume bola dimulai.
  • apabila tidak mengetik angka 1 atau 2 maka pada layar ditampilkan kalimat “Anda tidak mengetik angka 1 atau 2” dan kembali ke tahap awal.
  • Program selesai dijalankan jika salah satu perhitungan luas telah dilakukan.
Berikut sedikit capture source codenya. :)
 /*  
      Author     : Tulus Pardamean Simanjuntak  
      Date     : Monday, October 29, 2012  
 */  
   
 #include <stdio.h>  
 #include <stdlib.h>  
   
 int pil;  
 float vstiga, a, t, tl;  
 float vbola, r;  
   
 int main (void)  
 {  
      while (1)  
      {  
           printf ("Selamat Datang di Program Penghitung Volume\n");  
           printf ("===========================================\n");  
           printf ("1: Limas Segitiga\n2: Bola\n0 untuk keluar\n\n");  
           scanf ("%d", &pil);  
           system ("cls");  
   
           switch (pil)  
           {  
                case 1:  
                     system ("cls");  
                     printf ("Volume Limas segitiga\n");  
                     printf ("---------------------\n\n");  
   
                     printf ("Masukkan nilai alas segitiga: ");  
                     scanf ("%f", &a);  
                     printf ("Masukkan nilai tinggi segitiga: ");  
                     scanf ("%f", &t);  
                     printf ("Masukkan nilai tinggi limas: ");  
                     scanf ("%f", &tl);  
   
                     vstiga = ((0.5*a*t)*tl)/3;  
                     printf ("Volume limas segitiga adalah %.3f \n\n", vstiga);  
                       
                     break;  
                case 2:  
                     system ("cls");  
                     printf ("Volume Bola\n");  
                     printf ("-----------\n");  
   
                     printf ("Masukkan nilai jari-jari: ");  
                     scanf ("%f",&r);  
   
                     vbola = ((3.14*(r*r*r))*4)/3;  
                     printf ("Volume bola adalah %.3f\n\n", vbola);  
   
                     break;  
                case 0:  
                     exit(0);  
                default:  
                     printf ("Anda tidak mengetik angka 1 atau 2\n\n");  
                     break;  
           }  
      }  
        
   
      system ("pause");  
      return 0;  
 }  

Untuk selengkapnya, dapat di lihat pada video berikut.



TMD02 - [3] Aritmetika Operator

Pada tutorial kali ini, saya akan memberikan tutorial mengenai aritmetika operator pada bahasa C.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat video ini.

Check it out!!. :)


TMD02 - [2] Luas Trapesium

Trapesium adalah segiempat yang memiliki sepasang sisi sejajar.
Rumus trapesium adalah sebagai berikut.

Luas = ((sisi1 + sisi2) x tinggi) / 2

Untuk tutorial lebih jelasnya, silahkan lihat video ini.


Semoga bermanfaat. :)



TMD02 - [1] Hello World

Ketika mempelajari sesuatu dalam hidup ini, pastilah tidak langsung mendalam, tetapi akan akan dimulai dari hal yang paling mendasar. Ya, semua di mulai dari hal yang paling mendasar terlebih dahulu. Belajar hal-hal yang paling mendasar sangat penting sebagai fundamental untuk menjadi ahli.
Begitu juga dengan dunia programming. Ketika memulai belajar programming, tentunya tidak langsung mengerjakan hal-hal yang sulit, melainkan mempelajari hal yang lebih mudah terlebih dahulu. Dalam bahasa programming apa pun, pertama sekali kita akan dikenalkan dengan program kecil atau program dasar, Hello World.

Dan berikut, saya memberikan tutorial Hello World pada bahasa C.
Check this video. :)


(Modul 7&8) Pemrograman C Searching angka dari Array

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ilmu sedikit dengan video tutorial, mudah-mudahan membantu. Ilmu itu tentang pemrograman C untuk mencari nilai yang ada pada array..

Kita akan menginputkan beberapa nilai kedalam array dan kemudian kita akan mencarinya. Terletak pada indek ke berapakah nilai yang kita cari tersebut..
Hope u enjoy this video n learn.thank u.. :D


(Modul 5) Pemrograman C membalik nama

Pada kesempatan kali ini saya akan memnjelaskan lewat sebuah video tutorial, bagaimana membuat nama yang kita inputkan di balik dan kemudian di tampilkan. Contoh saya memiliki program yang menginputkan nama saya "budi" kemudian saya balik dan tampilkan sehingga menjadi nama "idub"..
hope u can enjoy n learn from this video.. :D


(Modul 4) Pemrograman C membuat segitiga dengan Bintang ( * )

Pada video tutorial kali ini saya akan mensharing cara membuat segitiga yang ujungnya menyamping menggunkan bintang dengan perulangan..
hope u enjoy n learning from this video.... :D


Laporan Magang Minggu I

Tempat  Magang:
 Kampus Politeknik Kediri
Jl. Mayor Bismo No 27 Kediri
Telp : (0354) 683128 Fax (0354) 683128

Laporan Minggu I (10 – 14 Desember 2012)
Hari Efektif Kegiatan Magang : Senin-Jumat

No
Tanggal
Hari
Kegiatan
1
10 Desember 2012
Senin
·     Hari pertama pelaksanaan kegiatan magang di Politeknik Kediri.

·     Pembagian tugas magang di kampus Politeknik Kediri.
2
11 Desember 2012
Selasa
·     Membantu persiapan seminar yang di adakan Politeknik Kediri di SMKN 2 Kediri yang mengundang Bapak Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto sebagai narasumber.
3
12 Desember 2012
Rabu
·    Pelaksanaan Asistensi kegiatan belajar mengajar mata kuliah Admin & Manajemen Jaringan (Teori + Praktek). Sasaran Asistensi adalah mahasiswa semester 5 kelas A  Jurusan Teknik Informatika. Asistensi meliputi
      a.  Pemberian motivasi belajar
      b.  Pemberian materi sesuai dengan yang di instruksikan dosen pengampu
      c.  Pemberian tugas sesuai dengan ijin dari dosen pengampu 

·    Pelaksanaan Asistensi kegiatan belajar mengajar mata kuliah Algoritma & Pemrograman (Teori + Praktek). Sasaran Asistensi adalah mahasiswa semester 1 kelas A  Jurusan Teknik Informatika. Asistensi meliputi
      a.  Pemberian motivasi belajar
      b.  Pemberian permainan edukasi yang berhubungan dengan materi kuliah dan sesuai dengan yang di instruksikan dosen pengampu
      c.  Pemberian tugas sesuai dengan ijin dari dosen pengampu
4
13 Desember 2012
Kamis
·    Pelaksanaan Asistensi kegiatan belajar mengajar mata kuliah Aplikasi Mobile. Sasaran Asistensi adalah mahasiswa semester 5 kelas A  Jurusan Teknik Informatika. Asistensi meliputi
      a.  Pemberian materi sesuai dengan yang di instruksikan dosen pengampu
      b.  Pemberian tugas sesuai dengan ijin dari dosen pengampu 

·    Pelaksanaan Asistensi kegiatan belajar mengajar mata kuliah Aplikasi Mobile. Sasaran Asistensi adalah mahasiswa semester 5 kelas B  Jurusan Teknik Informatika. Asistensi meliputi
      a.   Pemberian motivasi belajar
      b.   Pemberian materi sesuai dengan yang di instruksikan dosen pengampu
      c.   Pemberian tugas sesuai dengan ijin dari dosen pengampu 

·    Menghadiri seminar yang di adakan Politeknik Kediri di SMKN 2 Kediri yang mengundang Bapak Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto sebagai narasumber.

·    Pemberian tugas langsung dari Bapak  Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto untuk membentuk sebuah kelompok belajar melalui edmodo yang akan mengatur proses kegiatan belajar mengajar demi tercapainya misi dari Bapak Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto untuk dapat menyekolahkan 5000 orang dari berbagai latar belakang (pegawai, pelajar, dll) di kota kediri.
5
14 Desember 2012
Jumat
·    Pelaksanaan Asistensi kegiatan belajar mengajar mata kuliah Algoritma & Pemrograman (Teori + Praktek). Sasaran Asistensi adalah mahasiswa semester 1 kelas C  Jurusan Teknik Informatika. Asistensi meliputi
      a.  Pemberian motivasi belajar
      b.  Pemberian permainan edukasi yang berhubungan dengan materi kuliah dan sesuai dengan yang di instruksikan dosen pengampu
      c.   Pemberian tugas sesuai dengan ijin dari dosen pengampu
6
15 Desember 2012
Sabtu
·    Menghadiri seminar technopreneur yang di adakan Politeknik Kediri di gedung Joyoboyo Pemerintah Kota Kediri.

Selain melaksanakan tugas ditempat magang saya juga tetap memantau akitifitas tugas di http://course.lskk.ee.itb.ac.id/  dan mengerjakan tugas yang sudah di upload pada course tersebut.
Sekian dan Terimakasih.

Modul 10 : Aplikasi Memasukkan Nilai Mahasiswa pada C++

Pada Modul 10 ini akan dijelaskan  tentang  Aplikasi Memasukkan Nilai Mahasiswa pada C++.

Berikut Video penjelasan tentang  Aplikasi Memasukkan Nilai Mahasiswa pada C++ : 



Modul 9 : Fungsi pada C++

Pada Modul 9 ini akan dijelaskan  tentang  Fungsi pada C++.

Berikut Video penjelasan tentang  Fungsi pada C++ : 



Modul 8 : Struktur pada C++

Pada Modul 8 ini akan dijelaskan  tentang  Struktur pada C++.

Berikut Video penjelasan tentang  Struktur pada C++ : 


Modul 7 : Array pada C++

Pada Modul 7 ini akan dijelaskan  tentang  Array pada C++.

Berikut Video penjelasan tentang  Array  pada C++ : 

Modul 6 : Perulangan pada C++

Pada Modul 6 ini akan dijelaskan  tentang  Perulangan pada C++.

Berikut Video penjelasan tentang  Perulangan pada C++ :