Saturday, October 27, 2012

Perulangan dan Kondisi Bahasa C (Hitung Volume)


Setiap bahasa pemrograman selalu mengenal perintah perulangan dan kondisi. Karena pada dasarnya dalam sebuah program selalu berhubungan dengan perulangan dan kondisi.

Perintah perulangan bermanfaat karena memudahkan dalam melakukan proses serta menghemat perintah saat melakukan coding. Misalnya untuk mencetak 100 data, maka kita hanya perlu menyetting blok perintah perulangan dalam bahasa program sehingga program menjadi lebih efektif.

Hampir sama dengan pemrograman bahasa lain, perulangan dalam bahasa C dinyatakan dalam perintah:
1. While, perintah perulangan yang akan melakukan perintah ketika syarat bernilai benar.
2. Do While, perintah perulangan yang dilakukan sekali terlebih dahulu kemudian melakukan perulangan dengan mengecek kondisi syarat apakah bernilai benar atau tidak
3. For, perintah perulangan yang terdiri dari 3 rangkaian, yakni: kondisi awal, pernyataan selama eksekusi, langkah pada saat eksekusi.

Begitu juga dengan perintah kondisi, dalam bahasa C dinyatakan dengan:
1. If Else, perintah kondisi dengan perintah pembanding nilai kebenaran suatu nilai
2. Switch, perintah kondisi yang pada dasarnya hampir sama dengan if else, namun switch memiliki kinerja yg berbeda dimana ia mengolah isi variabel yang kemudian di arahkan pada satu nilai keluaran pasti (fungsi case) pada blok perintahnya.

Pada praktek Perulangan dan Kondisi Bahasa C kali ini dengan membuat sebuah program sederhana untuk melakukan perhitungan volum.


No comments:

Post a Comment