Untuk membuat programnya, yang harus ditentukan pertama sekali adalah sebagai berikut.
- jika angka 1 diketik maka perhitungan volume limas segitiga dimulai atau
- jika angka 2 diketik maka pehitungan volume bola dimulai.
- apabila tidak mengetik angka 1 atau 2 maka pada layar ditampilkan kalimat “Anda tidak mengetik angka 1 atau 2” dan kembali ke tahap awal.
- Program selesai dijalankan jika salah satu perhitungan luas telah dilakukan.
Berikut sedikit capture source codenya. :)
/*
Author : Tulus Pardamean Simanjuntak
Date : Monday, October 29, 2012
*/
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
int pil;
float vstiga, a, t, tl;
float vbola, r;
int main (void)
{
while (1)
{
printf ("Selamat Datang di Program Penghitung Volume\n");
printf ("===========================================\n");
printf ("1: Limas Segitiga\n2: Bola\n0 untuk keluar\n\n");
scanf ("%d", &pil);
system ("cls");
switch (pil)
{
case 1:
system ("cls");
printf ("Volume Limas segitiga\n");
printf ("---------------------\n\n");
printf ("Masukkan nilai alas segitiga: ");
scanf ("%f", &a);
printf ("Masukkan nilai tinggi segitiga: ");
scanf ("%f", &t);
printf ("Masukkan nilai tinggi limas: ");
scanf ("%f", &tl);
vstiga = ((0.5*a*t)*tl)/3;
printf ("Volume limas segitiga adalah %.3f \n\n", vstiga);
break;
case 2:
system ("cls");
printf ("Volume Bola\n");
printf ("-----------\n");
printf ("Masukkan nilai jari-jari: ");
scanf ("%f",&r);
vbola = ((3.14*(r*r*r))*4)/3;
printf ("Volume bola adalah %.3f\n\n", vbola);
break;
case 0:
exit(0);
default:
printf ("Anda tidak mengetik angka 1 atau 2\n\n");
break;
}
}
system ("pause");
return 0;
}
Untuk selengkapnya, dapat di lihat pada video berikut.
No comments:
Post a Comment