Thursday, October 18, 2012

Configurasi Cam Studio ( Chandra Bsp )

Camstudio adalah aplikasi yang berfungsi untuk merekam aktifitas yang ada pada monitor komputer. Aplikasi ini adalah berbasis opensource jadi bisa didownload di Internet. Aplikasi ini sangat berguna apabila kita ingin membuat tutorial dalam bentuk video, sehingga orang yang mempelajari tutorial tersebut akan lebih mudah mengerti. Video yang kita buat supaya dapat merekam suara dari luar computer maka harus dilengkapi oleh mikropon.


Setiap menu di Camstudio mempunyai fungsi masing-masing :
Region : wilayah yang akan direkam kedalam video, baik itu berdasarkan koordinat tertentu atau full screen.
Option : dalam menu ini ada beberapa pilihan seperti apakah audio direkam atau tidak, dan shortcut key untuk aplikasi ini. Berikut beberapa opsi mendasar :
Option –> program option –> minimize program on start recording
Menu diatas berfungsi untuk meminimize aplikasi camstudio saat menu start dipilih, hal ini sangat berguna supaya saat rekaman aplikasi camstudio tidak ikut direkam.
Option –> keyboard shorcut
Menu ini yang akan digunakan untuk merekam, menghentikan rekaman lewat keyboard. Hal ini sangat berguna supaya pada saat rekaman dihentikan aplikasi camstudio tidak ikut direkam.

Pada tulisan ini penulis akan membuat contoh video mengenai penggunaan aplikasi camstudio. seperti di bawah ini http://youtu.be/3JwNj9LixGg :






Maaf kalau masih agak gimana gitu hehehe.... masih niwbie :D


No comments:

Post a Comment