Berikut adalah Link dari cara menghitung volume limas segitiga dan volume bola dengan menggunakan control flow dalam bahasa C :
http://youtu.be/EZ5hwwcGLoU
Dan berikut adalah syntaxnya :
#include <stdio.h> // mengakses file library stdio.h
#include <stdlib.h> // mengakses file library yang salag satu fungsinya adalah system("pause")
int main (void) // fungsi dalam pemograman C yang harus ada
{
int pilih,ulang; // Deklarasi Variabel bertipe integer
float alas, tinggi, v, r; // Deklarasi Variabel bertipe float
ulang = 2 ; // inisialisasi kondisi
do // perulangan semua program dikerjakan
{
printf("Pilihlah Menu di bawah ini \n"); // cetak pada layar
printf("------------------------------\n"); // cetak pada layar
printf("1. Menghitung Volume Limas Segitga \n"); // cetak pada layar
printf("2. Menghitung Volume Bola \n"); //cetak pada layar
printf(" Ketik angka 1 atau 2 untuk melakukan perhitungan : ");//cetak pada layar
scanf_s("%d",&pilih);// input berupa variabel bertipe integer
switch (pilih) // Perintah Seleksi menggunakan Switch
{
case 1:
printf("Menghitung Volume Limas Segitiga\n");// cetak pada layar
printf("-----------------------------------\n"); // cetak pada layar
printf("Masukan Luas Alas : "); //cetak pada layar
scanf_s("%f",&alas); // input berupa variabel bertipe float
printf("Masukan Tinggi : "); // cetak pada layar
scanf_s("%f", &tinggi);//input berupa variabel bertipe float
v= alas*tinggi/3;// perintah penugasan perhitungan
printf("Volume Limas Segitiga : %f\n",v);// cetak output
break; //jika intruksi yang di tunjuk case bernilai true, dgn intruksi break maka akan langsung meloncat ke intruksi selanjutnya
case 2: //
printf("Mengitung Volume Bola \n"); //cetak pada layar
printf("--------------------------\n");//cetak pada layar
printf("Masukan Jari-jari bola :"); // cetak pada layar
scanf_s("%f",&r); // input berupa variabel bertipe float
v= (4*3.14*r*r*r)/3; // perintah penugasan perhitungan
printf("Volume Bola : %f\n",v); // cetak output
break; //jika intruksi yang di tunjuk case bernilai true, dgn intruksi break maka akan langsung meloncat ke intruksi selanjutnya
default: // jika kondisi di case tidak ada yang true maka intruksi pada default dikerjakan
printf("Anda tidak mengetik angka 1 atau 2\n");
return(0);
}
}while(ulang!=0);//nilai kondisi diperiksa, jika bernilai true maka mengulangi mengerjakaan loop, jika kondisi false kelar mengerjakan intruksi selanjutnya
system("pause");
return(0);}
#include <stdlib.h> // mengakses file library yang salag satu fungsinya adalah system("pause")
int main (void) // fungsi dalam pemograman C yang harus ada
{
int pilih,ulang; // Deklarasi Variabel bertipe integer
float alas, tinggi, v, r; // Deklarasi Variabel bertipe float
ulang = 2 ; // inisialisasi kondisi
do // perulangan semua program dikerjakan
{
printf("Pilihlah Menu di bawah ini \n"); // cetak pada layar
printf("------------------------------\n"); // cetak pada layar
printf("1. Menghitung Volume Limas Segitga \n"); // cetak pada layar
printf("2. Menghitung Volume Bola \n"); //cetak pada layar
printf(" Ketik angka 1 atau 2 untuk melakukan perhitungan : ");//cetak pada layar
scanf_s("%d",&pilih);// input berupa variabel bertipe integer
switch (pilih) // Perintah Seleksi menggunakan Switch
{
case 1:
printf("Menghitung Volume Limas Segitiga\n");// cetak pada layar
printf("-----------------------------------\n"); // cetak pada layar
printf("Masukan Luas Alas : "); //cetak pada layar
scanf_s("%f",&alas); // input berupa variabel bertipe float
printf("Masukan Tinggi : "); // cetak pada layar
scanf_s("%f", &tinggi);//input berupa variabel bertipe float
v= alas*tinggi/3;// perintah penugasan perhitungan
printf("Volume Limas Segitiga : %f\n",v);// cetak output
break; //jika intruksi yang di tunjuk case bernilai true, dgn intruksi break maka akan langsung meloncat ke intruksi selanjutnya
case 2: //
printf("Mengitung Volume Bola \n"); //cetak pada layar
printf("--------------------------\n");//cetak pada layar
printf("Masukan Jari-jari bola :"); // cetak pada layar
scanf_s("%f",&r); // input berupa variabel bertipe float
v= (4*3.14*r*r*r)/3; // perintah penugasan perhitungan
printf("Volume Bola : %f\n",v); // cetak output
break; //jika intruksi yang di tunjuk case bernilai true, dgn intruksi break maka akan langsung meloncat ke intruksi selanjutnya
default: // jika kondisi di case tidak ada yang true maka intruksi pada default dikerjakan
printf("Anda tidak mengetik angka 1 atau 2\n");
return(0);
}
}while(ulang!=0);//nilai kondisi diperiksa, jika bernilai true maka mengulangi mengerjakaan loop, jika kondisi false kelar mengerjakan intruksi selanjutnya
system("pause");
return(0);}
No comments:
Post a Comment